Rabu, 30 Desember 2009

Cara Daftar Domain Hosting Gratisan

Untuk para Blogger yang baru terjun ke dunia baru blogger, tapi tidak ingin mengeluarkan isi dompet, karena mungkin perlu belajar lebih jauh cara-cara membuat blog secara keseluruhan, nah.. untuk jalur alternatifnya supaya kita tidak kebobolan sebelum waktunya maka kita manfaatkan sistem gratisan ini mau..? silahkan kamu ikuti langkah-langkah berikut ini

Untuk domain gratisan,
  1. kunjungin situs registrar CO (edit by admin)
  2. Ketikkan nama domain yang diinginkan dan cek ketersediaan. Bilamana domain yg diinginkan berbayar ulangi lagi dan cari yang gratis gratis aja
  3.  Kemudian daftar account (create account) dan isi form, kemudian click create account
  4. Lakukan set up dan manage domain name server. isikan untuk name server1: ns01.000webhost.com dan name server2: ns02.000webhost.com dan click set up. tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan klik ok.
  5. Jadi deh domain name yang kamu inginkan, satu tahun kemudian tinggal renewal lagi dan ini juga gratis.

Sekarang cara mendapatkan hosting gratis. pointing name server untuk domain kita, telah kita lakukan diatas (name server 1 dan name server 2 telah diisi diatas).
Walaupun gratis, hosting yang kita tuju berikut ini memberikan features yang cukup lumayan bagi kita yang menginginkan hosting sendiri misal untuk web atau blog. Diantara features nya adalah sbb: 350MB disk space, 100GB Bandwidth, Fantastico, CRON dsb. cara daftar sbb:
  1. Silahkan kunjungi WebHosting (edit by admin)
  2. Klik Sign Up
  3. isikan form. isikan kotak "I want to host my own domain" dengan nama domain yang telah anda daftarkan (domain gratis diatas) dan biarkan kosong untuk kotak subdomain. dan klik create account
  4. buka email anda yang digunakan untuk pendaftaran ini. dan klik email verifikasi link dari hosting
  5. setelah email link verifikasi anda klik maka anda akan diarahkan untuk menuju ke hosting, klik set up
  6. Selesai deh....anda sekarang punya domain gratis dan sekaligus tempat hosting

Tips blog, saran saya sebagai sesama blogger pemula lebih baik Anda mencoba membuat blog di blogger atau di wordpress aja yang gratisan tanpa menggunakan nama domain atau hosting gratisan, karena dengan cara belajar di blogger atau wordpress yang gratis itu sudah menunjang kreativitas untuk pembelajaran ke depan, nah kalau udah mahir baru kita beralih ke yang di atas, tapi itu terserah anda kalau ingin mencobanya silahkan, tapi usahakan dengan pengisian DNS server yang benar karena kalau tidak tepat dalam jangka 10 hari nama domain kamu bisa-bisa di hapus, ok segitu dulu untuk penjelasannya.